Contoh
Soal UAS Manajemen Pemasaran
1.
Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen
2.
Jelaskan keterkaitan antara perilaku pembelian konsumen dengan keputusan
pembelian pada pasar konsumen
3.
Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan
pelanggan bisnis
4.
Berilah minimal contoh 10 merek yang telah mengalami evolusi/modifikasi dan
beri penjelasannya.
5.
Jelaskan mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi dan apa saja manfaat
dilakukannya segmentasi pasar.
6.
Jelaskan karakteristik dari setiap tahapan dalam siklus hidup produk serta
berikan minimal 3 contoh produk/jasa yang berada pada masing-masing fase
tersebut.
Answer:
1.
Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen
Answer:
1. Definisi, Pasar
bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain untuk mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk
memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian dijual, disewakan, atau dipasok
ke organisasi lain. Sedangkan Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang
melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan dan bukan untuk dijual
atau diproses lebih lanjut, Kelompok ini pada umumnya terdiri dari pembeli
individual/pembeli rumah tangga (non bisnis). 2. Segmentasi Pasar, Pasar Bisnis
membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer
responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek. Sedangkan
Pasar Konsumen membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen
(consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah
segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang
berbeda. 3. Karakteristik pemasaran seperti Perspektif Pasar, Pasar Bisnis
sudah menjangkau Global sedangkan Pasar Konsumen masih menjangkau Region
(Nasional) atau Wilayah tertentu. 4. Pemberian Merk pada Pasar Bisnis
mengunakan sistem penamaan Corparate Family atau pemberian penamaan yang
melibatkan beberapa Perusahaan Induk yang digabungkan menjadi satu kelompok
penaman yang memiliki secara langsung atau tidak langsung kepemilikan 100%,
Seperti contohnya perusahan Unilever yang memiliki beberapa Perusahan Induk
berbeda setiap produknya seperti Dove yang berfokus pada produksi perawatan
rambut dan tubuh, walls yang berfokus pada produksi makanan Es Cream. Sedangkan
Perusahaan Konsumen mengunakan sistem pemberian Merk Individual Product. 5.
Menurut Interaksi Penjual-Pembeli, Pasar Bisnis mengunakan sistem kemitraan
atau patnership, kemitraan yaitu strategi bisnis yang dilakukan oleh beberapa
pihak untuk saling membutuhkan yaitu mendapatkan keuntungan bersama sedangkan
Pasar Konsumen menggunakan sistem Transaksional yaitu memfokuskan perhatiannya
pada transaksi interpersonal antara yaitu tranksasi langsung oleh pemimpin atau
pemilik dengan anggota yang melibatkan hubungan pertukaran. 6. Promosi, pada
Penekanan Promosi Pasar Bisnis mengunakan sistem Personal selling yaitu
komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan
suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap
produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya. seperti contohnya
Pameran Dagang. sedangkan Pasar Konsumen mengunakan sistem Promosi seperti
melalui iklan.
2.
Jelaskan keterkaitan antara perilaku pembelian konsumen dengan keputusan
pembelian pada pasar konsumen
Answer:
Perilaku konsumen
merupakan hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Jadi
minat beli sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Dengan pencarian,
penelitian, dan pengevaluasian produk yang diiginkan akan membuat kecenderungan
sikap konsumen terhadap produk akan mengambil keputusan atau tindakan yang
berhubungan dengan pembelian. Jika Minat beli konsumen yang tinggi akan
mendorong konsumen membeli suatu produk. Sebaliknya, jika minat beli konsumen
yang rendah akan mencegah konsumen untuk membeli produk. Keputusan pembelian
pada konsumen juga disebabkan oleh beberpa faktor, yaitu seperti faktor budaya
yaitu adanya minat barang terhadap yang berhubungan dengan sub kultur yang
kebiasanya dilakuakan oleh turun menurun, faktor sosial yaitu disebabkan oleh
perilaku kelompok acuan, faktor pribadi yaitu dipengaruhi karakterisitik
pribadi sepertiusia pembeli dan tahap siklus hidup pembeli, pekerjaan, kondisi
ekonomi dan juga faktor Psikologis motivasi, persepsi, pengetahuan (learning),
serta keyakinan dan sikap konsumen. Selain itu juga, perilaku konsumen juga
dapat dipengaruhi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan
pendistribusian
3.
Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan
pelanggan bisnis
Answer:
1. Menawarkan kepada
pelanggan suatu kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan baru secara
gratis dan menawarkan mereka insentif pada produk lain yang sering mereka
gunakan. Dalam proyek, cara ini dapat dilakukan dengan memberikan inovasi pada
proyeknya yang sedemikian menjadikan proyeknya menjadi lebih baik dan memiliki
nilai jual yang lebih tinggi namun dengan harga yang tetap atau bahkan lebih murah.
2. Menciptakan kepercayaan adalah salah satu syarat hubungan jangka panjang
yang sehat 3. Pelayanan pelanggan yang baik harus menjadi prioritas utama dalam
hal menjaga hubungan yang kuat. Di saat kapanpun diperlukan, Perusahaan harus
siap. Walaupun dalam keadaan yang tidak siap, setidaknya tetap berkomunikasi,
sambil menunggu kondisi siap untuk membantu pelanggan.
4.
Berilah minimal contoh 10 merek yang telah mengalami evolusi/modifikasi dan
beri penjelasannya.
Answer:
1. Quantum Computer
Services menjadi AOL Didirikan pada tahun 1985, Quantam Computer Services
berganti nama merk menjadi America Online pada bulan Oktober 1991. Pada bulan
April 2006, America Online secara resmi mengadopsi nama AOL yang merupakan
singkatan yang eksklusif. 2. BackRub jadi Google Awalnya Software mesin
pencarian ini diberi nama Merk Backrub oleh penciptanya Larry Page dan Sergey
Brin. Pada tahun1998 BackRub berevolusi dan nama merk bisinisnya diganti
menjadi Google yang sekarang kita kenal. Dengan evolusi nama brand yang
dilakukan oleh Larry Page dan Sergey Brin membuat bisnis lebih dikenal dan
masuk dalam 10 merek termahal di dunia yang menempati posisi satu di dunia yang
dilansir pada laman bisnis.liputan6.com tanggal 26 mei 2014 . 3.Tokyo Tsushin
Kogyo jadi Sony Pada 1946, bengkel radio didirikan dengan nama "Tokyo
Tsushin Kogyo" dan bertanggung jawab untuk radio transistor pertama di
Jepang pada tahun 1955. Nama perusahaan kemudian diubah dan berevolusi menjadi
"Sony Corporation". 4. Blue Ribbon Sports jadi Nike Nike sebelumnya
dikenal sebagai "Blue Ribbon Sports" dan awalnya dioperasikan sebagai
distributor untuk pembuat sepatu Jepang Onitsuka Tiger. Awalnya, perusahaan itu
didirikan dengan modal hanya 1.200 dollar AS, Perusahaan kemudian mengambil
nama "Nike" yang merupakan dewi dalam mitologi Yunani yang berarti
kemenangan. 5.Firebird jadi Firefox Sebelum Nama Mozilla dikenal, awalnya
perusahaan memiliki nama merek awal "Firebird". Namun, perusahaan
memutuskan mengganti nama menjadi "Firefox" agar lebih mudah diingat
pengguna internet dunia. 6. Bmw adalah perusahaan Otomotif terbesar yang
berasal dari german. Pada tahun ke tahun BMW kadang menggantikan model penamaan
atau Logo di setiap beberapa tahun. Pada tahun 2020 ini, BMW telah menggantikan
Logo mereka, menggantikan logo nya lebih visual yaitu didesain lebih condong ke
era digital. 7. Pepsi, Pada tahun 1893 perusahaan air minum bersoda ini diberi
nama “Brad’s Drink”. Dan 1898 sang pencipta mengganti sebagai “PEPSI-COLA”. 8.
Amazon, pada awalnya perusahaan ini diberi nama “relentless” oleh Pemiliknya
atau CEO yaitu Jeff bezos. Tetapi pada tahun berekutnya Bezos menggantikan nama
perusahaan menjadi Amazon. 9. Yahoo, Perushaan telah melakukan 2 kali
penggantin nama merk, yaitu pada tahun 94 menggunakan merk “Jerry and David’s
Guide to World Wide Web” yang diambil dari nama pembuatnya, dan pada tahun 95
pemilik mengubah namanya kedua kalinya yaitu “Yet Another Hierarchical
Officious Oracle”, dimana nama merk tersebut agak susah untuk diingat, dan 9
Januari 2017 yahoo menggantikan namanya dengan yang sekarang setelah adanya
akuisisi perusahaan oleh Verizon. 10. SKYPE, pada awal munculnya perusahaan ini
bernama merk “Sky Peer-to-Peer” dan menggantikan namanya menjadi “SKYPER”
dengan mempersingkat nama tersebut. tetapi sebelum meraka mendaftarkan
domainnya, nama “SKYPER” sudah ada yang mengambil. jadi mereka mempersingkatnya
lagi dengan membuang huruf "R", yaiu menjadi "SKYPE".
5.
Jelaskan mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi dan apa saja manfaat
dilakukannya segmentasi pasar.
Answer:
Untuk meningkatkan
efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih
terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan
efektif. Manfaat : 1. Segmentasi memungkinkan perusahaan lebih FOKUS dalam
mengalokasikan sumber dayanya, sehingga : a.Perusahaan dapat melayani pelanggan
lebih maksimal b. Perusahaan dapat mendominasi segmen tersebut dan memperoleh
peta kompetisi lebih jelas dalam menentukan posisi pasar perusahaan
(positioning jelas) c. Perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang besar 2.
Perusahaan dapat lebih mudah menentukan strategi menjangkau pasar dan
menentukan nilai sehingga memiliki landasan yang kuat untuk melakukan
diferensiasi marketing mix dari esaing, termasuk proses,layanan dan membangun
citra merk/ekuitas merek dari perusahaan. 3.Segmentasi memberi dorongan yang
kuat dan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, karena memiliki keunikan/cara
yang berbeda dalam memandang pasar dibandingkan pesaing.
6.
Jelaskan karakteristik dari setiap tahapan dalam siklus hidup produk serta
berikan minimal 3 contoh produk/jasa yang berada pada masing-masing fase
tersebut.
Answer:
1. Tahap perkenalan,
adalah tahapan pertama dalam siklus hidup produk diamana produsen meluncurkan
Produk ke pasar untuk pertama kalinya, omset yang didapat masih rendah,
Kapasitas produksi yang dihasilkan juga masih rendah, biaya per unit yang masih
tinggi, Cash Flow Negatif. Produk memerlukan promosi besar besaran. Contoh
produk: MI medan( makana khas medan perlu promosi), Minyak karo, Minyak kutus.
dimanaperlu promosi besar 2. Tahap Perkembangan, adalah tahap dimana produk
yang diperkenalkan tersebut sudah dikenal dan diterima oleh konsumen.Contoh: PT
Jayant Perdana Indonesia Tbk, PT Austin Global Prima Tbk, PT Galva Technologies
Tbk, dimana 3 perusahaan ini baru siap menawarkan gelaran umum perdana (initial
public offering/IPO) saham di Bursa Efek. 3. Tahap Kedewasaan (Maturity),
Peningkatan Omset penjualan yang mulai melambat, bersaing dengan ketat dan
berjuang dalam merebut pangsa pasar dengan pesaing-pesaingnya.Contoh:
Tokopedia, shopee, lazada 4. Tahap Penurunan, yaitu dimana penjualan dan
keuntungan akan semakin menurun dan jika tidak melakukan strategi yang
tepat, produk yang ditawarkan mungkin akan hilang dari pasar (market). Contoh :
(1) Perushaan Nokia, diamana perusahaan mengalami tahap penurun yang disebabkan
oleh enggannya perusahaan untuk melakukan perubahan inovasi secara drastis. (2)
Kodak, yaitu perusahaan kamera terkenal dulunya, sekarang mengalami
penurunan.(3) 7-Eleven (Sevel)
0 komentar:
Posting Komentar