Just another free Blogger theme

Jumat, 14 Oktober 2022

 

Contoh Soal UAS Manajemen Pemasaran

 

1. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen

2. Jelaskan keterkaitan antara perilaku pembelian konsumen dengan keputusan pembelian pada pasar konsumen

3. Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis

4. Berilah minimal contoh 10 merek yang telah mengalami evolusi/modifikasi dan beri penjelasannya.

5. Jelaskan mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi dan apa saja manfaat dilakukannya segmentasi pasar.

6. Jelaskan karakteristik dari setiap tahapan dalam siklus hidup produk serta berikan minimal 3 contoh produk/jasa yang berada pada masing-masing fase tersebut.

 

Answer:

1. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen

Answer:

1. Definisi, Pasar bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain untuk mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian dijual, disewakan, atau dipasok ke organisasi lain. Sedangkan Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut, Kelompok ini pada umumnya terdiri dari pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis). 2. Segmentasi Pasar, Pasar Bisnis membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek. Sedangkan Pasar Konsumen membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda. 3. Karakteristik pemasaran seperti Perspektif Pasar, Pasar Bisnis sudah menjangkau Global sedangkan Pasar Konsumen masih menjangkau Region (Nasional) atau Wilayah tertentu. 4. Pemberian Merk pada Pasar Bisnis mengunakan sistem penamaan Corparate Family atau pemberian penamaan yang melibatkan beberapa Perusahaan Induk yang digabungkan menjadi satu kelompok penaman yang memiliki secara langsung atau tidak langsung kepemilikan 100%, Seperti contohnya perusahan Unilever yang memiliki beberapa Perusahan Induk berbeda setiap produknya seperti Dove yang berfokus pada produksi perawatan rambut dan tubuh, walls yang berfokus pada produksi makanan Es Cream. Sedangkan Perusahaan Konsumen mengunakan sistem pemberian Merk Individual Product. 5. Menurut Interaksi Penjual-Pembeli, Pasar Bisnis mengunakan sistem kemitraan atau patnership, kemitraan yaitu strategi bisnis yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk saling membutuhkan yaitu mendapatkan keuntungan bersama sedangkan Pasar Konsumen menggunakan sistem Transaksional yaitu memfokuskan perhatiannya pada transaksi interpersonal antara yaitu tranksasi langsung oleh pemimpin atau pemilik dengan anggota yang melibatkan hubungan pertukaran. 6. Promosi, pada Penekanan Promosi Pasar Bisnis mengunakan sistem Personal selling yaitu komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya. seperti contohnya Pameran Dagang. sedangkan Pasar Konsumen mengunakan sistem Promosi seperti melalui iklan.

2. Jelaskan keterkaitan antara perilaku pembelian konsumen dengan keputusan pembelian pada pasar konsumen

Answer:

Perilaku konsumen merupakan hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Jadi minat beli sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Dengan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk yang diiginkan akan membuat kecenderungan sikap konsumen terhadap produk akan mengambil keputusan atau tindakan yang berhubungan dengan pembelian. Jika Minat beli konsumen yang tinggi akan mendorong konsumen membeli suatu produk. Sebaliknya, jika minat beli konsumen yang rendah akan mencegah konsumen untuk membeli produk. Keputusan pembelian pada konsumen juga disebabkan oleh beberpa faktor, yaitu seperti faktor budaya yaitu adanya minat barang terhadap yang berhubungan dengan sub kultur yang kebiasanya dilakuakan oleh turun menurun, faktor sosial yaitu disebabkan oleh perilaku kelompok acuan, faktor pribadi yaitu dipengaruhi karakterisitik pribadi sepertiusia pembeli dan tahap siklus hidup pembeli, pekerjaan, kondisi ekonomi dan juga faktor Psikologis motivasi, persepsi, pengetahuan (learning), serta keyakinan dan sikap konsumen. Selain itu juga, perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan pendistribusian

3. Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis

Answer:

1. Menawarkan kepada pelanggan suatu kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan baru secara gratis dan menawarkan mereka insentif pada produk lain yang sering mereka gunakan. Dalam proyek, cara ini dapat dilakukan dengan memberikan inovasi pada proyeknya yang sedemikian menjadikan proyeknya menjadi lebih baik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi namun dengan harga yang tetap atau bahkan lebih murah. 2. Menciptakan kepercayaan adalah salah satu syarat hubungan jangka panjang yang sehat 3. Pelayanan pelanggan yang baik harus menjadi prioritas utama dalam hal menjaga hubungan yang kuat. Di saat kapanpun diperlukan, Perusahaan harus siap. Walaupun dalam keadaan yang tidak siap, setidaknya tetap berkomunikasi, sambil menunggu kondisi siap untuk membantu pelanggan.

4. Berilah minimal contoh 10 merek yang telah mengalami evolusi/modifikasi dan beri penjelasannya.

Answer:

1. Quantum Computer Services menjadi AOL Didirikan pada tahun 1985, Quantam Computer Services berganti nama merk menjadi America Online pada bulan Oktober 1991. Pada bulan April 2006, America Online secara resmi mengadopsi nama AOL yang merupakan singkatan yang eksklusif. 2. BackRub jadi Google Awalnya Software mesin pencarian ini diberi nama Merk Backrub oleh penciptanya Larry Page dan Sergey Brin. Pada tahun1998 BackRub berevolusi dan nama merk bisinisnya diganti menjadi Google yang sekarang kita kenal. Dengan evolusi nama brand yang dilakukan oleh Larry Page dan Sergey Brin membuat bisnis lebih dikenal dan masuk dalam 10 merek termahal di dunia yang menempati posisi satu di dunia yang dilansir pada laman bisnis.liputan6.com tanggal 26 mei 2014 . 3.Tokyo Tsushin Kogyo jadi Sony Pada 1946, bengkel radio didirikan dengan nama "Tokyo Tsushin Kogyo" dan bertanggung jawab untuk radio transistor pertama di Jepang pada tahun 1955. Nama perusahaan kemudian diubah dan berevolusi menjadi "Sony Corporation". 4. Blue Ribbon Sports jadi Nike Nike sebelumnya dikenal sebagai "Blue Ribbon Sports" dan awalnya dioperasikan sebagai distributor untuk pembuat sepatu Jepang Onitsuka Tiger. Awalnya, perusahaan itu didirikan dengan modal hanya 1.200 dollar AS, Perusahaan kemudian mengambil nama "Nike" yang merupakan dewi dalam mitologi Yunani yang berarti kemenangan. 5.Firebird jadi Firefox Sebelum Nama Mozilla dikenal, awalnya perusahaan memiliki nama merek awal "Firebird". Namun, perusahaan memutuskan mengganti nama menjadi "Firefox" agar lebih mudah diingat pengguna internet dunia. 6. Bmw adalah perusahaan Otomotif terbesar yang berasal dari german. Pada tahun ke tahun BMW kadang menggantikan model penamaan atau Logo di setiap beberapa tahun. Pada tahun 2020 ini, BMW telah menggantikan Logo mereka, menggantikan logo nya lebih visual yaitu didesain lebih condong ke era digital. 7. Pepsi, Pada tahun 1893 perusahaan air minum bersoda ini diberi nama “Brad’s Drink”. Dan 1898 sang pencipta mengganti sebagai “PEPSI-COLA”. 8. Amazon, pada awalnya perusahaan ini diberi nama “relentless” oleh Pemiliknya atau CEO yaitu Jeff bezos. Tetapi pada tahun berekutnya Bezos menggantikan nama perusahaan menjadi Amazon. 9. Yahoo, Perushaan telah melakukan 2 kali penggantin nama merk, yaitu pada tahun 94 menggunakan merk “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” yang diambil dari nama pembuatnya, dan pada tahun 95 pemilik mengubah namanya kedua kalinya yaitu “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”, dimana nama merk tersebut agak susah untuk diingat, dan 9 Januari 2017 yahoo menggantikan namanya dengan yang sekarang setelah adanya akuisisi perusahaan oleh Verizon. 10. SKYPE, pada awal munculnya perusahaan ini bernama merk “Sky Peer-to-Peer” dan menggantikan namanya menjadi “SKYPER” dengan mempersingkat nama tersebut. tetapi sebelum meraka mendaftarkan domainnya, nama “SKYPER” sudah ada yang mengambil. jadi mereka mempersingkatnya lagi dengan membuang huruf "R", yaiu menjadi "SKYPE".

5. Jelaskan mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi dan apa saja manfaat dilakukannya segmentasi pasar.

Answer:

Untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif. Manfaat : 1. Segmentasi memungkinkan perusahaan lebih FOKUS dalam mengalokasikan sumber dayanya, sehingga : a.Perusahaan dapat melayani pelanggan lebih maksimal b. Perusahaan dapat mendominasi segmen tersebut dan memperoleh peta kompetisi lebih jelas dalam menentukan posisi pasar perusahaan (positioning jelas) c. Perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang besar 2. Perusahaan dapat lebih mudah menentukan strategi menjangkau pasar dan menentukan nilai sehingga memiliki landasan yang kuat untuk melakukan diferensiasi marketing mix dari esaing, termasuk proses,layanan dan membangun citra merk/ekuitas merek dari perusahaan. 3.Segmentasi memberi dorongan yang kuat dan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, karena memiliki keunikan/cara yang berbeda dalam memandang pasar dibandingkan pesaing.

6. Jelaskan karakteristik dari setiap tahapan dalam siklus hidup produk serta berikan minimal 3 contoh produk/jasa yang berada pada masing-masing fase tersebut.

Answer:

1. Tahap perkenalan, adalah tahapan pertama dalam siklus hidup produk diamana produsen meluncurkan Produk ke pasar untuk pertama kalinya, omset yang didapat masih rendah, Kapasitas produksi yang dihasilkan juga masih rendah, biaya per unit yang masih tinggi, Cash Flow Negatif. Produk memerlukan promosi besar besaran. Contoh produk: MI medan( makana khas medan perlu promosi), Minyak karo, Minyak kutus. dimanaperlu promosi besar 2. Tahap Perkembangan, adalah tahap dimana produk yang diperkenalkan tersebut sudah dikenal dan diterima oleh konsumen.Contoh: PT Jayant Perdana Indonesia Tbk, PT Austin Global Prima Tbk, PT Galva Technologies Tbk, dimana 3 perusahaan ini baru siap menawarkan gelaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham di Bursa Efek. 3. Tahap Kedewasaan (Maturity), Peningkatan Omset penjualan yang mulai melambat, bersaing dengan ketat dan berjuang dalam merebut pangsa pasar dengan pesaing-pesaingnya.Contoh: Tokopedia, shopee, lazada 4. Tahap Penurunan, yaitu dimana penjualan dan keuntungan akan semakin menurun dan jika tidak melakukan strategi yang tepat, produk yang ditawarkan mungkin akan hilang dari pasar (market). Contoh : (1) Perushaan Nokia, diamana perusahaan mengalami tahap penurun yang disebabkan oleh enggannya perusahaan untuk melakukan perubahan inovasi secara drastis. (2) Kodak, yaitu perusahaan kamera terkenal dulunya, sekarang mengalami penurunan.(3) 7-Eleven (Sevel)

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar