Just another free Blogger theme

Jumat, 14 Oktober 2022

 

SOAL LATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN

Week – 8,  May 5 – 2020

1. Jelaskan apa saja yang menjadi pendorong perilaku pembelian konsumen

2. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara perilaku pembelian dengan minat beli konsumen

3. Jelaskan bagaimana terjadinya proses pembelian pada pasar konsumen

4. Ada beberapa model yang sering ditertimbangkan dalam menjelaskan perilaku konsumen yaitu model peran informasi dan sikap, model komunikasi, model teori perilaku pembelian (input-proses-output), model pengetahuan konsumen, model pemrosesan pilihan konsumen, model nilai konsumsi dan model perspektif konsumen-marketer, beri penjelasan masing-masing

 

Answer :

 

1. Jelaskan apa saja yang menjadi pendorong perilaku pembelian konsumen

Answer :

1. Faktor Kebudayaan

Faktor budaya terdiri dari kultur, sub-kultur dan kelas sosial. Faktor-faktor budaya mempunyai pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap perilaku konsumen karena seseorang cenderung akan mengikuti budaya di daerah tempat tinggalnya.

2. Faktor Sosial

Perilaku seorang konsumen yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial seperti perilaku kelompok acuan (kelompok referensi), keluarga, serta peran dan status sosial dari konsumen. Dan berpengaruh dalam penentuan pembelian barang karena seseorang akan mencari referensi dari produk yang dimiliki anggota kelompok lainnya.

3. Faktor Pribadi

Keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi, yaitu usia pembeli dan tahap siklus hidup pembeli, pekerjaan, kondisi ekonomi. Gaya hidup, serta kepribadian dan kondisi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.

4. Faktor Psikologis

Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi pula oleh empat faktor psikologis utama, yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan (learning), serta keyakinan dan sikap.

Selain empat faktor tersebut, perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi dari stimulus pemasaran berupa bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan pendistribusian.

2. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara perilaku pembelian dengan minat beli konsumen

Answer :

Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Jadi minat beli sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Dengan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk yang diiginkan akan membuat kecenderungan sikap konsumen terhadap produk akan mengambil keputusan atau tindakan yang berhubungan dengan pembelian.

Maka, jika Minat beli konsumen yang tinggi akan mendorong konsumen membeli suatu produk. Sebaliknya, jika minat beli konsumen yang rendah akan mencegah konsumen untuk membeli produk.

3. Jelaskan bagaimana terjadinya proses pembelian pada pasar konsumen

Answer :

1. Pengenalan Masalah

Proses membeli diawali saat pembeli menyadari adanya masalah kebutuhan. Pembeli menyadari terdapat perbedaan antara kondisi sesungguhnya dan kondisi yang diinginkannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan, diantaranya waktu, perubahan situasi, pemilikan produk, konsumsi produk, perbedaan individu, dan pengaruh pemasaran.

2. Pencarian Informasi

Seorang konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi lebih banyak. Konsumen akan mencari informasi yang tersimpan dalam ingatannya (pencarian internal) dan mencari informasi dari luar (pencarian eksternal).

3. Evaluasi Alternatif

pada saat proses evaluasi alternatif, konsumen membandingkan berbagai pilihan yang dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Setelah konsumen menentukan kriteria atau atribut dari produk atau merek yang dievaluasi, maka langkah berikutnya konsumen menentukan alternatif pilihan. Setelah menentukan alternatif yang akan dipilih, selanjutnya konsumen akan menentukan produk atau merek yang akan dipilihnya.

4. Keputusan Membeli

Pada tahap keputusan membeli, konsumen akan melakukan evaluasi membentuk preferensi terhadap merek-merek yang terdapat pada perangkat pilihan. Pada titik ini, konsumen telah mengeksplor banyak opsi, mengerti tentang harga dan cara pembayaran, dan memutuskan untuk membeli atau tidak. Akan tetapi, masih mungkin bagi konsumen untuk membatalkan pembelian. Keputusan pembelian juga akan dipengaruhi oleh faktor-faktor keadaan yang tidak terduga, factor faktor keadaan yang tidak terduga mungkin timbul dan merubah tujuan membeli.

5, Evaluasi Pasca Pembelian

pada tahap ini timbulah kepuasan atau ketidakpuasan konsumen pada suatu produk akan mempengaruhi tingkah laku berikutnya. Jika konsumen merasa puas, maka ia akan memperlihatkan kemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli produk itu lagi. Konsumen yang tidak puas akan berusaha mengurangi, meninggalkan atau mengembalikan produk tersebut, atau mereka mungkin berusaha mengurangi ketidakcocokannya dengan mencari informasi yang mungkin mengkonfirmasikan produk tersebut sebagai bernilai tinggi (atau menghindari informasi yang mengkonfirmasikan produk tersebut bernilai rendah).

4. Ada beberapa model yang sering ditertimbangkan dalam menjelaskan perilaku konsumen yaitu model peran informasi dan sikap, model komunikasi, model teori perilaku pembelian (input-proses-output), model pengetahuan konsumen, model pemrosesan pilihan konsumen, model nilai konsumsi dan model perspektif konsumen-marketer, beri penjelasan masing-masing

Answer :

 

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar