SOAL LATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN
Week – 8, May 5 – 2020
1. Jelaskan apa saja yang menjadi pendorong
perilaku pembelian konsumen
2. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara
perilaku pembelian dengan minat beli konsumen
3. Jelaskan bagaimana terjadinya proses
pembelian pada pasar konsumen
4. Ada beberapa model yang sering
ditertimbangkan dalam menjelaskan perilaku konsumen yaitu model peran informasi
dan sikap, model komunikasi, model teori perilaku pembelian
(input-proses-output), model pengetahuan konsumen, model pemrosesan pilihan
konsumen, model nilai konsumsi dan model perspektif konsumen-marketer, beri
penjelasan masing-masing
Answer :
1. Jelaskan apa saja yang menjadi pendorong
perilaku pembelian konsumen
Answer :
1. Faktor
Kebudayaan
Faktor budaya
terdiri dari kultur, sub-kultur dan kelas sosial. Faktor-faktor budaya
mempunyai pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap perilaku konsumen
karena seseorang cenderung akan mengikuti budaya di daerah tempat tinggalnya.
2. Faktor
Sosial
Perilaku
seorang konsumen yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial seperti perilaku
kelompok acuan (kelompok referensi), keluarga, serta peran dan status sosial
dari konsumen. Dan berpengaruh dalam penentuan pembelian barang karena
seseorang akan mencari referensi dari produk yang dimiliki anggota kelompok
lainnya.
3. Faktor
Pribadi
Keputusan
seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi, yaitu usia pembeli
dan tahap siklus hidup pembeli, pekerjaan, kondisi ekonomi. Gaya hidup, serta
kepribadian dan kondisi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri
pembeli.
4. Faktor
Psikologis
Pilihan
pembelian seseorang dipengaruhi pula oleh empat faktor psikologis utama, yaitu
motivasi, persepsi, pengetahuan (learning), serta keyakinan dan sikap.
Selain empat
faktor tersebut, perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi dari stimulus
pemasaran berupa bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan
pendistribusian.
2. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara
perilaku pembelian dengan minat beli konsumen
Answer :
Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian. Jadi minat beli sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Dengan
pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk yang diiginkan akan membuat
kecenderungan sikap konsumen terhadap produk akan mengambil keputusan atau
tindakan yang berhubungan dengan pembelian.
Maka,
jika Minat beli konsumen yang tinggi akan mendorong konsumen membeli suatu produk.
Sebaliknya, jika minat beli konsumen yang rendah akan mencegah konsumen untuk
membeli produk.
3. Jelaskan bagaimana terjadinya proses
pembelian pada pasar konsumen
Answer :
1.
Pengenalan Masalah
Proses
membeli diawali saat pembeli menyadari adanya masalah kebutuhan. Pembeli
menyadari terdapat perbedaan antara kondisi sesungguhnya dan kondisi yang
diinginkannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan,
diantaranya waktu, perubahan situasi, pemilikan produk, konsumsi produk,
perbedaan individu, dan pengaruh pemasaran.
2.
Pencarian Informasi
Seorang
konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi
lebih banyak. Konsumen akan mencari informasi yang tersimpan dalam ingatannya
(pencarian internal) dan mencari informasi dari luar (pencarian eksternal).
3.
Evaluasi Alternatif
pada
saat proses evaluasi alternatif, konsumen membandingkan berbagai pilihan yang
dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Setelah konsumen menentukan kriteria
atau atribut dari produk atau merek yang dievaluasi, maka langkah berikutnya
konsumen menentukan alternatif pilihan. Setelah menentukan alternatif yang akan
dipilih, selanjutnya konsumen akan menentukan produk atau merek yang akan dipilihnya.
4.
Keputusan Membeli
Pada
tahap keputusan membeli, konsumen akan melakukan evaluasi membentuk preferensi
terhadap merek-merek yang terdapat pada perangkat pilihan. Pada titik ini,
konsumen telah mengeksplor banyak opsi, mengerti tentang harga dan cara
pembayaran, dan memutuskan untuk membeli atau tidak. Akan tetapi, masih mungkin
bagi konsumen untuk membatalkan pembelian. Keputusan pembelian juga akan
dipengaruhi oleh faktor-faktor keadaan yang tidak terduga, factor faktor
keadaan yang tidak terduga mungkin timbul dan merubah tujuan membeli.
5,
Evaluasi Pasca Pembelian
pada tahap ini timbulah kepuasan atau ketidakpuasan konsumen pada suatu produk akan mempengaruhi tingkah laku berikutnya. Jika konsumen merasa puas, maka ia akan memperlihatkan kemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli produk itu lagi. Konsumen yang tidak puas akan berusaha mengurangi, meninggalkan atau mengembalikan produk tersebut, atau mereka mungkin berusaha mengurangi ketidakcocokannya dengan mencari informasi yang mungkin mengkonfirmasikan produk tersebut sebagai bernilai tinggi (atau menghindari informasi yang mengkonfirmasikan produk tersebut bernilai rendah).
4. Ada beberapa model yang sering
ditertimbangkan dalam menjelaskan perilaku konsumen yaitu model peran informasi
dan sikap, model komunikasi, model teori perilaku pembelian
(input-proses-output), model pengetahuan konsumen, model pemrosesan pilihan
konsumen, model nilai konsumsi dan model perspektif konsumen-marketer, beri
penjelasan masing-masing
Answer :
0 komentar:
Posting Komentar