Soal Quiz Manajemen Pemasaran – Segmentasi Pasar
/ Week 10
Week -
10, May 19, 2020
1.
Jelaskan pengertian Segmentasi Pasar
2.
Mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi?
3.
Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing,
different marketing dan concentrated marketing.
4.
Jelaskan dasar melakukan segmentasi pasar konsumen
5.
Jelaskan manfaat segmentasi pasar
Answer:
1.
Jelaskan pengertian Segmentasi Pasar
Answer:
Segmentasi pasar adalah
membagi pasar yang heterogen (beragam) kedalam
suatu kelompok /komunitas yang lebih spesifik/kecil, dimana
masing-masing anggota memiliki kesamaan persepsi, keinginan dan motivasi yang
sama (homogen) terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan produk, atau
pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik,
ataupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.
2.
Mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi?
Answer:
Untuk meningkatkan
efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih
terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan
efektif.
3.
Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing,
different marketing dan concentrated marketing.
Answer:
1. Undifferentiated
marketing ( Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar).
Contohnya:
Produk permen HEXOS
tidak memandang kelas sosialnya, diproduksi bagi semua kalangan atau mengabaikan
segmentasi dan mengikuti keseluruhan pasar.Strategi pemasaran ini dapat
menghemat biaya, karena dari segi karakater produknya yang hanya dimiliki oleh
1 merk ini saja dipasaran, strategi pemasaran ini akan mengurangi biaya
penyediaan, biaya periklanan, biaya produksi dan bisa mengurangi biaya riset
pemasaran dan manajemen produk.
2. Differentiated
marketing (Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar).
Contoh:
Perusahaan GSK
(produsen Panadol ) mengikuti dasar segmentasi atas perbedaan kebutuhan
penanganan bagi penderita demam/sakit kepala atas dasar gejala, bentuk,
kelompok usia.Dengan strategi pemasaran ini dapat mengorbankan biaya-biaya
yaitu, berupa biaya riset dan pengembangan produk baru, biaya modifikasi
produk, biaya proses produksi, biaya administrasi, biaya promosi, biaya
penyimpanan dan biaya-biaya yang lainnya.
3. Concentrated
Marketing (Strategi pemasaran yang terkonsentrasi )
Contohnya:
Produsen mobil Mercedez
Benz, dalam pemasarannya hanya ditujukan pada kelompok tertentu seperti golongan
hartawan, yang mempunyai selera yang tinggi. Team pemasaran mudah
terkonsentrasi untuk menawarkan produknya karena lebih banyak pengetahuan
tentang kebutuhan segmen.
Produsen juga menikmati
banyak penghematan operasional seperti spesialisasi produksi, distribusi dan
promosi. Namun bisa saja menghadapi resiko tinggi karena perubahan selera
konsumen atau dari produsen pesaing lainnya.
4.
Jelaskan dasar melakukan segmentasi pasar konsumen
Answer:
1. Tahap survey yaitu
tahap melakukan eksplorasi baik melalui focus group discussion atau dengan
wawancara terhadap beberapa kelompok konsumen untuk memperoleh keterangan
mengenai motivasi, sikap dan perilaku konsumen. Dengan adanya gambaran awal
tentang preferensi konsumen peneliti dapat menggali lebih lanjut dan
mendapatkan data yang lebih kompleks. Dalam tahap ini anda dimungkinkan harus
mendapatkan data atau informasi yakni: atribut produk, brand awareness, pola
pemakaian produk, sikap terhadap kategori produk tertentu, demografis,
geografis, dan psikografis.
2. Tahap Analisis
merupakan tahap untuk menganilisis informasi lebih lanjut yang diperoleh dari
data yang dikumpulkan pada tahap Survey. Analisis dapat dilakukan dengan
menerapkan analisis faktor untuk mencari variabel-variabel mana yang berkorelasi
tinggi, dan selanjutnya menerapkan analisis cluster (analisis statistik
yangmemisahkan obyek kedalam beberapa kelompok yang mempunyai sifat berbeda
antar kelompok yang satu dengan yang lain) untuk menciptakan atau mengetahui
kelompok-kelompok pasar yang secara signifikan memiliki perbedaan
karakteristik.
3. Tahap Pembentukan,
yang tujuannya adalah mengidentifikasi profil masing-masing segmen yang
terbentuk. Dengan ini akan teridentifikasi perbedaan masing-masing segmen
berdasarkan sikap dan perilaku, demografi, psikografi, manfaat ataupun value
yang diharapkan dari sebuah segmen. Selanjutnya masing-masing harus diberi nama
berdasarkan karakteristik yang menonjol.
5.
Jelaskan manfaat segmentasi pasar
Answer:
1. Segmentasi
memungkinkan perusahaan lebih FOKUS dalam mengalokasikan sumberdayanya,
sehingga :
a.Perusahaan dapat melayani pelanggan
lebih maksimal
b. Perusahaan dapat mendominasi segmen
tersebut dan memperoleh peta
kompetisi lebih jelas dalam
menentukan posisi pasar perusahaan (positioning
jelas)
c. Perusahaan memiliki keunggulan
kompetitif yang besar
2. Perusahaan dapat
lebih mudah menentukan strategi menjangkau pasar dan menentukan nilai sehingga
memiliki landasan yang kuat untuk melakukan diferensiasi marketing mix dari
esaing, termasuk proses,layanan dan membangun citra merk/ekuitas merek dari
perusahaan.
3.Segmentasi memberi
dorongan yang kuat dan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, karena memiliki
keunikan/cara yang berbeda dalam memandang pasar dibandingkan pesaing.
0 komentar:
Posting Komentar