Just another free Blogger theme

Jumat, 14 Oktober 2022

 

Soal Quiz Manajemen Pemasaran – Segmentasi Pasar / Week 10

Week - 10, May 19, 2020

 

1. Jelaskan pengertian Segmentasi Pasar

2. Mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi?

3. Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing, different marketing dan concentrated marketing.

4. Jelaskan dasar melakukan segmentasi pasar konsumen

5. Jelaskan manfaat segmentasi pasar

 

Answer:

1. Jelaskan pengertian Segmentasi Pasar

Answer:

Segmentasi pasar adalah membagi pasar yang heterogen (beragam) kedalam  suatu kelompok /komunitas yang lebih spesifik/kecil, dimana masing-masing anggota memiliki kesamaan persepsi, keinginan dan motivasi yang sama (homogen) terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan produk, atau pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik, ataupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.

2. Mengapa perusahaan perlu melakukan segmentasi?

Answer:

Untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara efisien dan efektif.

3. Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing, different marketing dan concentrated marketing.

Answer:

1. Undifferentiated marketing ( Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar).

Contohnya:

Produk permen HEXOS tidak memandang kelas sosialnya, diproduksi bagi semua kalangan atau mengabaikan segmentasi dan mengikuti keseluruhan pasar.Strategi pemasaran ini dapat menghemat biaya, karena dari segi karakater produknya yang hanya dimiliki oleh 1 merk ini saja dipasaran, strategi pemasaran ini akan mengurangi biaya penyediaan, biaya periklanan, biaya produksi dan bisa mengurangi biaya riset pemasaran dan manajemen produk.  

2. Differentiated marketing (Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar).

Contoh:

Perusahaan GSK (produsen Panadol ) mengikuti dasar segmentasi atas perbedaan kebutuhan penanganan bagi penderita demam/sakit kepala atas dasar gejala, bentuk, kelompok usia.Dengan strategi pemasaran ini dapat mengorbankan biaya-biaya yaitu, berupa biaya riset dan pengembangan produk baru, biaya modifikasi produk, biaya proses produksi, biaya administrasi, biaya promosi, biaya penyimpanan dan biaya-biaya yang lainnya.

3. Concentrated Marketing (Strategi pemasaran yang terkonsentrasi )

Contohnya:

Produsen mobil Mercedez Benz, dalam pemasarannya hanya ditujukan pada kelompok tertentu seperti golongan hartawan, yang mempunyai selera yang tinggi. Team pemasaran mudah terkonsentrasi untuk menawarkan produknya karena lebih banyak pengetahuan tentang kebutuhan segmen.

Produsen juga menikmati banyak penghematan operasional seperti spesialisasi produksi, distribusi dan promosi. Namun bisa saja menghadapi resiko tinggi karena perubahan selera konsumen atau dari produsen pesaing lainnya.

4. Jelaskan dasar melakukan segmentasi pasar konsumen

Answer:

1. Tahap survey yaitu tahap melakukan eksplorasi baik melalui focus group discussion atau dengan wawancara terhadap beberapa kelompok konsumen untuk memperoleh keterangan mengenai motivasi, sikap dan perilaku konsumen. Dengan adanya gambaran awal tentang preferensi konsumen peneliti dapat menggali lebih lanjut dan mendapatkan data yang lebih kompleks. Dalam tahap ini anda dimungkinkan harus mendapatkan data atau informasi yakni: atribut produk, brand awareness, pola pemakaian produk, sikap terhadap kategori produk tertentu, demografis, geografis, dan psikografis.

2. Tahap Analisis merupakan tahap untuk menganilisis informasi lebih lanjut yang diperoleh dari data yang dikumpulkan pada tahap Survey. Analisis dapat dilakukan dengan menerapkan analisis faktor untuk mencari variabel-variabel mana yang berkorelasi tinggi, dan selanjutnya menerapkan analisis cluster (analisis statistik yangmemisahkan obyek kedalam beberapa kelompok yang mempunyai sifat berbeda antar kelompok yang satu dengan yang lain) untuk menciptakan atau mengetahui kelompok-kelompok pasar yang secara signifikan memiliki perbedaan karakteristik.

3. Tahap Pembentukan, yang tujuannya adalah mengidentifikasi profil masing-masing segmen yang terbentuk. Dengan ini akan teridentifikasi perbedaan masing-masing segmen berdasarkan sikap dan perilaku, demografi, psikografi, manfaat ataupun value yang diharapkan dari sebuah segmen. Selanjutnya masing-masing harus diberi nama berdasarkan karakteristik yang menonjol.

5. Jelaskan manfaat segmentasi pasar

Answer:

1. Segmentasi memungkinkan perusahaan lebih FOKUS dalam mengalokasikan sumberdayanya, sehingga :

       a.Perusahaan dapat melayani pelanggan lebih maksimal

       b. Perusahaan dapat mendominasi segmen tersebut dan memperoleh peta

           kompetisi lebih jelas dalam menentukan posisi pasar perusahaan (positioning

           jelas)

       c. Perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang besar

2. Perusahaan dapat lebih mudah menentukan strategi menjangkau pasar dan menentukan nilai sehingga memiliki landasan yang kuat untuk melakukan diferensiasi marketing mix dari esaing, termasuk proses,layanan dan membangun citra merk/ekuitas merek dari perusahaan.

3.Segmentasi memberi dorongan yang kuat dan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, karena memiliki keunikan/cara yang berbeda dalam memandang pasar dibandingkan pesaing.

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar