Just another free Blogger theme

Jumat, 14 Oktober 2022

 Soal Quiz Manajemen Pemasaran

Week - 9, May 11, 2020

 1. Jelaskan bagaimana proses pembelian pada pasar konsumen

2. Jelaskan bagaimana hubungan antara perilaku pembelian dengan minat beli konsumen

3. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar konsumen dengan pasar bisnis

4. Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis

5. Jelaskan apa saja manfaat dilakukannya segementasi pasar

6. Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing, differented marketing dan concentrated marketing.

7. Apa yang dimaksud dengan Merek dan Ekuitas Merk? Apa manfaatnya bagi konsumen?

8. Berikan 5 contoh perusahaan yang mengalami evolusi/modifikasi merek dalam 20 tahun terakhir ini.

Answer:

1. Jelaskan bagaimana proses pembelian pada pasar konsumen

Answer:

1. Pengenalan Masalah Proses membeli diawali saat pembeli menyadari adanya masalah kebutuhan. Pembeli menyadari terdapat perbedaan antara kondisi sesungguhnya dan kondisi yang diinginkannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan, diantaranya waktu, perubahan situasi, pemilikan produk, konsumsi produk, perbedaan individu, dan pengaruh pemasaran. 2. Pencarian Informasi Seorang konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi lebih banyak. Konsumen akan mencari informasi yang tersimpan dalam ingatannya (pencarian internal) dan mencari informasi dari luar (pencarian eksternal). 3. Evaluasi Alternatif pada saat proses evaluasi alternatif, konsumen membandingkan berbagai pilihan yang dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Setelah konsumen menentukan kriteria atau atribut dari produk atau merek yang dievaluasi, maka langkah berikutnya konsumen menentukan alternatif pilihan. Setelah menentukan alternatif yang akan dipilih, selanjutnya konsumen akan menentukan produk atau merek yang akan dipilihnya. 4. Keputusan Membeli Pada tahap keputusan membeli, konsumen akan melakukan evaluasi membentuk preferensi terhadap merek-merek yang terdapat pada perangkat pilihan. Pada titik ini, konsumen telah mengeksplor banyak opsi, mengerti tentang harga dan cara pembayaran, dan memutuskan untuk membeli atau tidak. Akan tetapi, masih mungkin bagi konsumen untuk membatalkan pembelian. Keputusan pembelian juga akan dipengaruhi oleh faktor-faktor keadaan yang tidak terduga, factor faktor keadaan yang tidak terduga mungkin timbul dan merubah tujuan membeli. 5, Evaluasi Pasca Pembelian pada tahap ini timbulah kepuasan atau ketidakpuasan konsumen pada suatu produk akan mempengaruhi tingkah laku berikutnya. Jika konsumen merasa puas, maka ia akan memperlihatkan kemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli produk itu lagi. Konsumen yang tidak puas akan berusaha mengurangi, meninggalkan atau mengembalikan produk tersebut, atau mereka mungkin berusaha mengurangi ketidakcocokannya dengan mencari informasi yang mungkin mengkonfirmasikan produk tersebut sebagai bernilai tinggi (atau menghindari informasi yang mengkonfirmasikan produk tersebut bernilai rendah).

2. Jelaskan bagaimana hubungan antara perilaku pembelian dengan minat beli konsumen

Answer:

Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Jadi minat beli sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Dengan pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk yang diiginkan akan membuat kecenderungan sikap konsumen terhadap produk akan mengambil keputusan atau tindakan yang berhubungan dengan pembelian. Jika Minat beli konsumen yang tinggi akan mendorong konsumen membeli suatu produk. Sebaliknya, jika minat beli konsumen yang rendah akan mencegah konsumen untuk membeli produk.

3. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar konsumen dengan pasar bisnis

Answer:

Jika dilihat dari Pengertian nya, Pasar bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain untuk mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian dijual, disewakan, atau dipasok ke organisasi lain. Sedangkan Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Kelompok ini pada umumnya terdiri dari pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis). Jika dilihat dari Segmentasi Pasar, Pasar Bisnis membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek. Sedangkan Pasar Konsumen membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda. Elemen lain yang juga menjadi pembeda antara pasar bisnis dan pasar konsumen adalah karakteristik pemasaran. Seperti jika dilihat dari Perspektif Pasar, seperti Pasar Bisnis sudah menjangkau Global sedangkan Pasar Konsumen masih menjangkau Region (Nasional) atau Wilayah tertentu. Dan Jika dilihat dari Pemberian Merk pada Pasar Bisnis mengunakan sistem penamaan Corparate Family atau pemberian penamaan yang melibatkan beberapa Perusahaan Induk yang digabungkan menjadi satu kelompok penaman yang memiliki secara langsung atau tidak langsung kepemilikan 100%, Seperti contohnya perusahan Unilever yang memiliki beberapa Perusahan Induk berbeda setiap produknya seperti Dove yang berfokus pada produksi perawatan rambut dan tubuh, walls yang berfokus pada produksi makanan Es Cream. Sedangkan Perusahaan Konsumen mengunakan sistem pemberian Merk Individual Product. Dan Jika dilihat Interaksi Penjual-Pembeli, Pasar Bisnis mengunakan sistem kemitraan atau patnership, kemitraan adalah suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih untuk bekerja sama dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan. sedangkan Pasar Konsumen menggunakan sistem Transaksional yaitu memfokuskan perhatiannya pada transaksi interpersonal antara pemimpin dengan anggota yang melibatkan hubungan pertukaran. Promosi, pada Penekanan Promosi Pasar Bisnis mengunakan sistem Personal selling yaitu komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya. seperti contohnya Pameran Dagang. sedangkan Pasar Konsumen mengunakan sistem Promosi.

4. Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis

Answer:

1. Menawarkan kepada pelanggan suatu kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan baru secara gratis dan menawarkan mereka insentif pada produk lain yang sering mereka gunakan. Dalam proyek, cara ini dapat dilakukan dengan memberikan inovasi pada proyeknya yang sedemikian menjadikan proyeknya menjadi lebih baik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi namun dengan harga yang tetap atau bahkan lebih murah. 2. Menciptakan kepercayaan adalah salah satu syarat hubungan jangka panjang yang sehat 3. Pelayanan pelanggan yang baik harus menjadi prioritas utama dalam hal menjaga hubungan yang kuat. Di saat kapanpun diperlukan, Perusahaan harus siap. Walaupun dalam keadaan yang tidak siap, setidaknya tetap berkomunikasi, sambil menunggu kondisi siap untuk membantu pelanggan.

5. Jelaskan apa saja manfaat dilakukannya segementasi pasar

Answer:

1. Segmentasi memungkinkan perusahaan lebih FOKUS dalam mengalokasikan sumberdayanya, sehingga : a.Perusahaan dapat melayani pelanggan lebih maksimal b. Perusahaan dapat mendominasi segmen tersebut dan memperoleh peta kompetisi lebih jelas dalam menentukan posisi pasar perusahaan (positioning jelas) c. Perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang besar 2. Perusahaan dapat lebih mudah menentukan strategi menjangkau pasar dan menentukan nilai sehingga memiliki landasan yang kuat untuk melakukan diferensiasi marketing mix dari esaing, termasuk proses,layanan dan membangun citra merk/ekuitas merek dari perusahaan. 3.Segmentasi memberi dorongan yang kuat dan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, karena memiliki keunikan/cara yang berbeda dalam memandang pasar dibandingkan pesaing.

6. Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing, differented marketing dan concentrated marketing.

Answer:

1. Undifferentiated marketing ( Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar). Contohnya: Produk permen HEXOS tidak memandang kelas sosialnya, diproduksi bagi semua kalangan atau mengabaikan segmentasi dan mengikuti keseluruhan pasar.Strategi pemasaran ini dapat menghemat biaya, karena dari segi karakater produknya yang hanya dimiliki oleh 1 merk ini saja dipasaran, strategi pemasaran ini akan mengurangi biaya penyediaan, biaya periklanan, biaya produksi dan bisa mengurangi biaya riset pemasaran dan manajemen produk. 2. Differentiated marketing (Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar). Contoh: Perusahaan GSK (produsen Panadol ) mengikuti dasar segmentasi atas perbedaan kebutuhan penanganan bagi penderita demam/sakit kepala atas dasar gejala, bentuk, kelompok usia.Dengan strategi pemasaran ini dapat mengorbankan biaya-biaya yaitu, berupa biaya riset dan pengembangan produk baru, biaya modifikasi produk, biaya proses produksi, biaya administrasi, biaya promosi, biaya penyimpanan dan biaya-biaya yang lainnya. 3. Concentrated Marketing (Strategi pemasaran yang terkonsentrasi ) Contohnya: Produsen mobil Mercedez Benz, dalam pemasarannya hanya ditujukan pada kelompok tertentu seperti golongan hartawan, yang mempunyai selera yang tinggi. Team pemasaran mudah terkonsentrasi untuk menawarkan produknya karena lebih banyak pengetahuan tentang kebutuhan segmen. Produsen juga menikmati banyak penghematan operasional seperti spesialisasi produksi, distribusi dan promosi. Namun bisa saja menghadapi resiko tinggi karena perubahan selera konsumen atau dari produsen pesaing lainnya.

7. Apa yang dimaksud dengan Merek dan Ekuitas Merk? Apa manfaatnya bagi konsumen?

Answer:

Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk kemudian dijadikan sebagai pembeda dengan pesaing yang ada di pasaran. Dan Manfaat Merek bagi konsumen yaitu :

1. . Nama Merk menjadi indikator kepercayaan konsumen atau Memberikan jaminan kepada konsumen untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya.

2. Merek mampu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka.

Ekuitas Merk adalah Nilai tambah yang diberikan produk/jasa atau juga bisa didefenisikan kekuatan dari sebuah merk.

Manfaat Ekuitas Merk Bagi Konsumen :

1. Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau apabila konsumen tersebut adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, tetapi konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.

2. Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut.

3.Menarik konsumen untuk hanya menggunakan faktor merek dalam membuat keputusan pembelian.

8. Berikan 5 contoh perusahaan yang mengalami evolusi/modifikasi merek dalam 20 tahun terakhir ini.

Answer:

1. Bmw Bmw adalah perusahaan Otomotif terbesar yang berasal dari german. Pada tahun ke tahun BMW kadang menggantikan model penamaan atau Logo di setiap beberapa tahun. Pada tahun 2020 ini, BMW telah berencana menggantikan Logo mereka, menggantikan logo nya lebih visual yaitu didesain lebih condong ke era digital.

2. Quantum Computer Services menjadi AOL Didirikan pada tahun 1985, Quantam Computer Services berganti nama merk menjadi America Online pada bulan Oktober 1991. Pada bulan April 2006, America Online secara resmi mengadopsi nama AOL yang merupakan singkatan yang eksklusif.

3.Tokyo Tsushin Kogyo jadi Sony, bengkel radio didirikan dengan nama "Tokyo Tsushin Kogyo" dan bertanggung jawab untuk radio transistor pertama di Jepang. Nama perusahaan kemudian diubah dan berevolusi menjadi "Sony Corporation".

4. Blue Ribbon Sports jadi Nike Nike sebelumnya dikenal sebagai "Blue Ribbon Sports" dan awalnya dioperasikan sebagai distributor untuk pembuat sepatu Jepang Onitsuka Tiger. Awalnya, perusahaan itu didirikan dengan modal hanya 1.200 dollar AS, Perusahaan kemudian mengambil nama "Nike" yang merupakan dewi dalam mitologi Yunani yang berarti kemenangan. 5.Firebird jadi Firefox Sebelum Nama Mozilla dikenal, awalnya perusahaan memiliki nama merek awal "Firebird". Namun, perusahaan memutuskan mengganti nama menjadi "Firefox" agar lebih mudah diingat konsumen internet dunia.

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar