Soal Quiz Manajemen Pemasaran – Pasar Konsumen / Week 12
Week -
12, June 6, 2020
1. Jelaskan
bagaimana proses pembelian pada pasar konsumen
2.
Jelaskan bagaimana hubungan antara perilaku pembelian dengan minat beli
konsumen
3.
Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar konsumen dengan pasar bisnis
4.
Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan
pelanggan bisnis
5.
Jelaskan apa saja manfaat dilakukannya segementasi pasar
6.
Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing,
differented marketing dan concentrated marketing.
7.
Apa yang dimaksud dengan Merek dan Ekuitas Merk? Apa manfaatnya bagi konsumen?
8.
Berikan 5 contoh perusahaan yang mengalami evolusi/modifikasi merek dalam 20
tahun terakhir ini.
Answer:
1. Jelaskan
bagaimana proses pembelian pada pasar konsumen
Answer:
1. Pengenalan Masalah
Proses membeli diawali saat pembeli menyadari adanya masalah kebutuhan. Pembeli
menyadari terdapat perbedaan antara kondisi sesungguhnya dan kondisi yang
diinginkannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengaktifan kebutuhan, diantaranya
waktu, perubahan situasi, pemilikan produk, konsumsi produk, perbedaan
individu, dan pengaruh pemasaran. 2. Pencarian Informasi Seorang konsumen yang
mulai timbul minatnya akan terdorong untuk mencari informasi lebih banyak.
Konsumen akan mencari informasi yang tersimpan dalam ingatannya (pencarian
internal) dan mencari informasi dari luar (pencarian eksternal). 3. Evaluasi
Alternatif pada saat proses evaluasi alternatif, konsumen membandingkan
berbagai pilihan yang dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Setelah
konsumen menentukan kriteria atau atribut dari produk atau merek yang
dievaluasi, maka langkah berikutnya konsumen menentukan alternatif pilihan.
Setelah menentukan alternatif yang akan dipilih, selanjutnya konsumen akan
menentukan produk atau merek yang akan dipilihnya. 4. Keputusan Membeli Pada
tahap keputusan membeli, konsumen akan melakukan evaluasi membentuk preferensi
terhadap merek-merek yang terdapat pada perangkat pilihan. Pada titik ini,
konsumen telah mengeksplor banyak opsi, mengerti tentang harga dan cara
pembayaran, dan memutuskan untuk membeli atau tidak. Akan tetapi, masih mungkin
bagi konsumen untuk membatalkan pembelian. Keputusan pembelian juga akan
dipengaruhi oleh faktor-faktor keadaan yang tidak terduga, factor faktor keadaan
yang tidak terduga mungkin timbul dan merubah tujuan membeli. 5, Evaluasi Pasca
Pembelian pada tahap ini timbulah kepuasan atau ketidakpuasan konsumen pada
suatu produk akan mempengaruhi tingkah laku berikutnya. Jika konsumen merasa
puas, maka ia akan memperlihatkan kemungkinan yang lebih tinggi untuk membeli
produk itu lagi. Konsumen yang tidak puas akan berusaha mengurangi,
meninggalkan atau mengembalikan produk tersebut, atau mereka mungkin berusaha
mengurangi ketidakcocokannya dengan mencari informasi yang mungkin
mengkonfirmasikan produk tersebut sebagai bernilai tinggi (atau menghindari
informasi yang mengkonfirmasikan produk tersebut bernilai rendah).
2.
Jelaskan bagaimana hubungan antara perilaku pembelian dengan minat beli
konsumen
Answer:
Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Jadi minat beli sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Dengan pencarian,
penelitian, dan pengevaluasian produk yang diiginkan akan membuat kecenderungan
sikap konsumen terhadap produk akan mengambil keputusan atau tindakan yang
berhubungan dengan pembelian. Jika Minat beli konsumen yang tinggi akan
mendorong konsumen membeli suatu produk. Sebaliknya, jika minat beli konsumen
yang rendah akan mencegah konsumen untuk membeli produk.
3.
Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar konsumen dengan pasar bisnis
Answer:
Jika dilihat dari
Pengertian nya, Pasar bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi
antara satu perusahaan dengan perusahaan lain untuk mendapatkan barang dan jasa
yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian dijual,
disewakan, atau dipasok ke organisasi lain. Sedangkan Pasar konsumen adalah
sekelompok pembeli yang melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan
dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Kelompok ini pada umumnya
terdiri dari pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis). Jika dilihat
dari Segmentasi Pasar, Pasar Bisnis membentuk segmen pasar dengan memperhatikan
tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu
penggunaan, dan merek. Sedangkan Pasar Konsumen membentuk segmen pasar dengan
menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan
akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau
tanggapan produk yang berbeda. Elemen lain yang juga menjadi pembeda antara
pasar bisnis dan pasar konsumen adalah karakteristik pemasaran. Seperti jika
dilihat dari Perspektif Pasar, seperti Pasar Bisnis sudah menjangkau Global
sedangkan Pasar Konsumen masih menjangkau Region (Nasional) atau Wilayah
tertentu. Dan Jika dilihat dari Pemberian Merk pada Pasar Bisnis mengunakan
sistem penamaan Corparate Family atau pemberian penamaan yang melibatkan
beberapa Perusahaan Induk yang digabungkan menjadi satu kelompok penaman yang
memiliki secara langsung atau tidak langsung kepemilikan 100%, Seperti
contohnya perusahan Unilever yang memiliki beberapa Perusahan Induk berbeda
setiap produknya seperti Dove yang berfokus pada produksi perawatan rambut dan
tubuh, walls yang berfokus pada produksi makanan Es Cream. Sedangkan Perusahaan
Konsumen mengunakan sistem pemberian Merk Individual Product. Dan Jika dilihat
Interaksi Penjual-Pembeli, Pasar Bisnis mengunakan sistem kemitraan atau
patnership, kemitraan adalah suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua
pihak atau lebih untuk bekerja sama dalam jangka waktu tertentu untuk meraih
keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan.
sedangkan Pasar Konsumen menggunakan sistem Transaksional yaitu memfokuskan
perhatiannya pada transaksi interpersonal antara pemimpin dengan anggota yang
melibatkan hubungan pertukaran. Promosi, pada Penekanan Promosi Pasar Bisnis
mengunakan sistem Personal selling yaitu komunikasi langsung (tatap muka)
antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada
calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga
mereka kemudian akan mencoba membelinya. seperti contohnya Pameran Dagang.
sedangkan Pasar Konsumen mengunakan sistem Promosi.
4.
Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan
pelanggan bisnis
Answer:
1. Menawarkan kepada
pelanggan suatu kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan baru secara
gratis dan menawarkan mereka insentif pada produk lain yang sering mereka
gunakan. Dalam proyek, cara ini dapat dilakukan dengan memberikan inovasi pada
proyeknya yang sedemikian menjadikan proyeknya menjadi lebih baik dan memiliki
nilai jual yang lebih tinggi namun dengan harga yang tetap atau bahkan lebih
murah. 2. Menciptakan kepercayaan adalah salah satu syarat hubungan jangka
panjang yang sehat 3. Pelayanan pelanggan yang baik harus menjadi prioritas
utama dalam hal menjaga hubungan yang kuat. Di saat kapanpun diperlukan,
Perusahaan harus siap. Walaupun dalam keadaan yang tidak siap, setidaknya tetap
berkomunikasi, sambil menunggu kondisi siap untuk membantu pelanggan.
5.
Jelaskan apa saja manfaat dilakukannya segementasi pasar
Answer:
1. Segmentasi
memungkinkan perusahaan lebih FOKUS dalam mengalokasikan sumberdayanya,
sehingga : a.Perusahaan dapat melayani pelanggan lebih maksimal b. Perusahaan
dapat mendominasi segmen tersebut dan memperoleh peta kompetisi lebih jelas
dalam menentukan posisi pasar perusahaan (positioning jelas) c. Perusahaan
memiliki keunggulan kompetitif yang besar 2. Perusahaan dapat lebih mudah
menentukan strategi menjangkau pasar dan menentukan nilai sehingga memiliki
landasan yang kuat untuk melakukan diferensiasi marketing mix dari esaing,
termasuk proses,layanan dan membangun citra merk/ekuitas merek dari perusahaan.
3.Segmentasi memberi dorongan yang kuat dan faktor kunci untuk mengalahkan
pesaing, karena memiliki keunikan/cara yang berbeda dalam memandang pasar
dibandingkan pesaing.
6.
Berikan contoh perusahaan yang mengimplementasikan undifferented marketing,
differented marketing dan concentrated marketing.
Answer:
1. Undifferentiated
marketing ( Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar). Contohnya:
Produk permen HEXOS tidak memandang kelas sosialnya, diproduksi bagi semua kalangan
atau mengabaikan segmentasi dan mengikuti keseluruhan pasar.Strategi pemasaran
ini dapat menghemat biaya, karena dari segi karakater produknya yang hanya
dimiliki oleh 1 merk ini saja dipasaran, strategi pemasaran ini akan mengurangi
biaya penyediaan, biaya periklanan, biaya produksi dan bisa mengurangi biaya
riset pemasaran dan manajemen produk. 2. Differentiated marketing (Strategi
pemasaran yang membeda-bedakan pasar). Contoh: Perusahaan GSK (produsen Panadol
) mengikuti dasar segmentasi atas perbedaan kebutuhan penanganan bagi penderita
demam/sakit kepala atas dasar gejala, bentuk, kelompok usia.Dengan strategi
pemasaran ini dapat mengorbankan biaya-biaya yaitu, berupa biaya riset dan
pengembangan produk baru, biaya modifikasi produk, biaya proses produksi, biaya
administrasi, biaya promosi, biaya penyimpanan dan biaya-biaya yang lainnya. 3.
Concentrated Marketing (Strategi pemasaran yang terkonsentrasi ) Contohnya:
Produsen mobil Mercedez Benz, dalam pemasarannya hanya ditujukan pada kelompok tertentu
seperti golongan hartawan, yang mempunyai selera yang tinggi. Team pemasaran
mudah terkonsentrasi untuk menawarkan produknya karena lebih banyak pengetahuan
tentang kebutuhan segmen. Produsen juga menikmati banyak penghematan
operasional seperti spesialisasi produksi, distribusi dan promosi. Namun bisa
saja menghadapi resiko tinggi karena perubahan selera konsumen atau dari
produsen pesaing lainnya.
7.
Apa yang dimaksud dengan Merek dan Ekuitas Merk? Apa manfaatnya bagi konsumen?
Answer:
Merek adalah suatu nama,
simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai
identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa
yang dimiliki untuk kemudian dijadikan sebagai pembeda dengan pesaing yang ada
di pasaran. Dan Manfaat Merek bagi konsumen yaitu : 1. . Nama Merk menjadi
indikator kepercayaan konsumen atau Memberikan jaminan kepada konsumen untuk
membedakan satu produk dengan produk lainnya. 2. Merek mampu menarik perhatian
pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka.
Ekuitas Merk adalah Nilai tambah yang diberikan produk/jasa atau juga bisa
didefenisikan kekuatan dari sebuah merk. Manfaat Ekuitas Merk Bagi Konsumen :
1. Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau apabila konsumen
tersebut adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, tetapi
konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain. 2.
Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan,
melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut. 3.Menarik konsumen untuk
hanya menggunakan faktor merek dalam membuat keputusan pembelian.
8.
Berikan 5 contoh perusahaan yang mengalami evolusi/modifikasi merek dalam 20
tahun terakhir ini.
Answer:
1. Bmw Bmw adalah
perusahaan Otomotif terbesar yang berasal dari german. Pada tahun ke tahun BMW
kadang menggantikan model penamaan atau Logo di setiap beberapa tahun. Pada
tahun 2020 ini, BMW telah berencana menggantikan Logo mereka, menggantikan logo
nya lebih visual yaitu didesain lebih condong ke era digital. 2. Quantum
Computer Services menjadi AOL Didirikan pada tahun 1985, Quantam Computer
Services berganti nama merk menjadi America Online pada bulan Oktober 1991.
Pada bulan April 2006, America Online secara resmi mengadopsi nama AOL yang
merupakan singkatan yang eksklusif. 3. . 3.Tokyo Tsushin Kogyo jadi Sony,
bengkel radio didirikan dengan nama "Tokyo Tsushin Kogyo" dan
bertanggung jawab untuk radio transistor pertama di Jepang. Nama perusahaan
kemudian diubah dan berevolusi menjadi "Sony Corporation". 4. Blue
Ribbon Sports jadi Nike Nike sebelumnya dikenal sebagai "Blue Ribbon
Sports" dan awalnya dioperasikan sebagai distributor untuk pembuat sepatu
Jepang Onitsuka Tiger. Awalnya, perusahaan itu didirikan dengan modal hanya 1.200
dollar AS, Perusahaan kemudian mengambil nama "Nike" yang merupakan
dewi dalam mitologi Yunani yang berarti kemenangan. 5.Firebird jadi Firefox
Sebelum Nama Mozilla dikenal, awalnya perusahaan memiliki nama merek awal
"Firebird". Namun, perusahaan memutuskan mengganti nama menjadi
"Firefox" agar lebih mudah diingat konsumen internet dunia.
0 komentar:
Posting Komentar