SOAL LATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN
6 April 2020
1. Mengapa departemen pemasaran menjadi
departemen yang sangat penting, baik bagi perusahaan manufaktur maupun jasa?
2. Siapakah yang bertanggungjawab terhadap
pemasaran?
3. Jelaskan bagaimana manajemen pemasaran
mengalami perubahan hingga saat ini.
4. Jelaskan proses penghantaran nilai
pelanggan dan berikan contohnya
5.Jelaskan bagaimana perusahaan dapat
memperoleh informasi pemasaran
6. Jelaskan 4 tren teknologi dalam
lingkungan makro perusahaan
7. Jelaskan jenis-jenis pasar yang ada saat
ini
8. Jelaskan tentang proses/tahapan riset
pemasaran
9. Jelaskan 7 karakteristik dari riset
pemasaran yang baik
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai
yang dipersepsikan pelanggan?
11. Jelaskan bagaimana produsen Tupperware
memberikan nilai seumur hidup bagi pelanggannya?
12. Uraikan pemahaman saudara tentang
pentingnya dilakukan segmentasi dalam pemasaran. *
Answer:
1. Mengapa departemen
pemasaran menjadi departemen yang sangat penting, baik bagi perusahaan
manufaktur maupun jasa?
Answer:
Karena dalam sebuah kegiatan usaha diperlukan beberapa strategi
serta manajerial yang baik dengan melakukan manajemen pemasaran. Dengan
melakukan manajemen pemasaran, diharapkan perusahaan akan terus berkembang,
bertahan lama serta mencetak keuntungan. manajemen pemasaran mempunyai peranan
yang sangat penting agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang
cukup menguntungkan serta pada tingkat kuantitas yang diharapkan sehingga mampu
mengatasi tantangan dari para pesaingnya dalam hal pemasaran.
2. Siapakah yang bertanggungjawab terhadap pemasaran?
Answer:
Manajer Pemasaran, Seorang manajer pemasaran harus dapat melihat
kesempatan/peluang pemasaran yang ada, merumuskannya menjadi sebuah program
pemasaran dan menjalankannya.
3. Jelaskan bagaimana
manajemen pemasaran mengalami perubahan hingga saat ini.
Answer:
Perkembangan pemasaran sekarang dipengaruhi oleh perkembangan
IT. Sekarang ini dimana jaman semakin berkembang dengan pesat dan tidak
terbendung, membuat strategi pemasaran juga berubah drastis.
Ketika teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang,
maka pemikiran marketing juga semakin berkembang mengikuti kemajuan teknologi
tersebut. Sewaktu dunia komunikasi dan informasi mulai mengenal internet dan
multimedia, experiential marketing juga semakin berkembang dimana pada saat itu
para ahli IT juga mengambil peran dengan menciptakan CRM (Customer Relationship
Management).
Perilaku masyarakat sebagai konsumen yang sudah mulai terbiasa
untuk hidup secara instant dan tidak mau repot, memunculkan banyaknya media
online sebagai sarana untuk melakukan pemasaran dan mulai mendominasi setiap
pemasaran produk. Akhirnya, ketika dahulu pemasaran masih membutuhkan jasa
artis atau orang terkenal untuk dapat mengiklankan sebuah produk, kini siapa
saja bisa memasarkan produk mereka dengan mudah dan cepat. Selain itu, media
online berbasis internet atau teknologi juga menjadi terkemuka karena konsumen
dapat langsung berhubungan dengan para penjual.
4. Jelaskan proses
penghantaran nilai pelanggan dan berikan contohnya
Answer:
1. Memilih nilai,
merepresentasikan “pekerjaan rumah” pemasaran yang harus dilakukan sebelum
produk dibuat. Staf pemasaran harus mensegmentasikan pasar, memilih sasran
pasar yang tepat, dan mengembangkan penawaran positioning nilai. Rumus
“segmentasi, penentuan sasaran, positioning (STP)” adalah inti dari pemasaran
strategis.
2.Menyediakan nilai, pemasaran harus menentukan fitur produk
tertentu, harga, dan distribusi
3. Mengkomunikasikan nilai, dengan mendayagunakan tenaga
penjualan, promosi penjualan, iklan, dan sarana komunikasi lain untuk
mengumumkan dan mempromosikannya.
5.Jelaskan bagaimana
perusahaan dapat memperoleh informasi pemasaran
Answer:
Manajer pemasaran mengamati lingkungan tersebut dengan empat cara:
1. Pengamatan tidak terarah (undirected viewing), yaitu
pengungkapan informais secara umum dimana manajer tidak mempunyai maksud khusus
sebelumnya.
2. Pengamatan bersyarat (conditioned viewing), yaitu
pengungkapan terarah terhadap bidang atau jenis informasi yang relatif telah
diidentifikasi secara jelas, tetapi tidak melibatkan penyelidikan aktif.
3. Penyelidikan informal (informal search), yaitu suatu usaha
yang relatif terbatas dan tidak terstruktur untuk memperoleh informasi spesifik
atau informasi untuk maksud spesifik.
4. Penyelidikan formal (formal search), yaitu suatu usaha
disengaja - biasanya mengikuti suatu rencana, prosedur, atau metodologi yang
sudah ditetapkan sebelumnya untuk
memperoleh informasi spesifik.
6. Jelaskan 4 tren
teknologi dalam lingkungan makro perusahaan
Answer:
1. Digitalisasi
Digitalisasi telah didorong oleh konvergensi, dan keselarasan tren-tren sosial, ekonomi, dan teknologi. Digitalisasi semua hal, mulai dari solusi mobile hingga privasi dan keamanan, akan menjadi sumber diferensiasi kompetitif oleh perusahaan yang menjalankannya secara benar.
2. Containerized IT
Containerization adalah alternatif ringan dari virtualisasi mesin secara penuh yang mencakup penempatan aplikasi dalam sebuah container di lingkungan operasinya sendiri. Dalam lingkungan perusahaan saat ini, container telah mentransformasi TI dengan cepat dan menarik perhatian luar biasa karena keuntungan beragam yang diberikannya. Sebanyak 67 persen responden dalam survei yang disponsori Red Hat baru-baru ini yang melibatkan para pengambil keputusan IT global dan pekerja profesional berencana mengaplikasi aplikasi berbasis container dalam waktu dua tahun ke depan.
3. Platform-as-a-Service (PaaS)
Platform-as-a-Service (PaaS) telah mendapatkan dukungan industri yang sangat kuat selama beberapa tahun belakangan. Kini perusahan beralih dari menanyakan tentang container sebagai bagian dari roadmap ke pertanyaan mengenai rincian implementasi.hal ini menunjukkan semakin banyak perusahaan lebih memilih PaaS sebelum Infrastructure-as-a-service (IaaS) sebagai pondasi strategi cloud privat/hybrid mereka.
4. Mobilitas
Mobilitas menjadi prioritas utama bagi banyak perusahaan dengan
tujuan untuk mendorong inovasi, menyederhanakan efisiensi operasional, dan
mengembangkan model-model bisnis baru. Perusahaan kini mencari solusi-solusi
yang bisa mendukung pengembangan dan integrasi aplikasi–aplikasi enterprise
secara cepat untuk membantu mereka bergerak menuju strategi mobile-first.
7. Jelaskan jenis-jenis pasar yang ada saat ini
Answer:
1. Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.
2. Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri
yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu
mengendalikan harga produknya. Meskipun demikian persaingan tidak sempurna
tidak mengatakan secara langsung bahwa suatu perusahaan mempunyai pengawasan
mutlak terhadap harga produknya
3.Pasar monopoli adalah suatu bentuk atau jenis pasar yang hanya
terdapat satu kekuatan atau satu penjual atau satu perusahaan yang menguasai
seluruh penawarannya. Pada pasar ini tidak ada pihak lain yang dapat
menyainginya, sehingga menjadi pure monopoly atau monopoli murni.
4.Pasar oligopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan
tidak sempurna, dimana hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan
banyak pembeli di pasar. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori
ini adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan dan
lainnya.
8. Jelaskan tentang
proses/tahapan riset pemasaran
Answer:
1. Merumuskan Masalah
Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar
kita mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada
dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas
sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.
2. Menentukan Desain Riset
Desain riset dibutuhkan untuk menentukan prosedur secara rinci
mengenai cara pengumpulan data, cara pengujian hipotesa, dan kemungkinan
melakukan kuesioner dengan berbagai model yang ditentukan. Penentuan desain
riset biasanya didasarkan pada parameter yang akan diambil untuk menghasilkan
sebuah kesimpulan tertentu.
3. Merancang Metode Pengumpulan Data
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data
sekunder. Data primer merupakan data yang diambil langsung dari lapangan,
sedangkan data sekunder biasanya berupa data yang diambil dari buku, Internet,
dan pustaka lainnya yang relevan. Anda perlu menentukan bagaimana cara
mengumpulkan data-data tersebut dan dihimpun menjadi sebuah database.
4. Mengambil Sampel & Mengumpulkan Data
melakukan pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling
yang digunakan, baik itu probability atau non-probability sampling.
5. Melakukan Analisis & Interpretasi Data
Sebuah pengumpulan data tidak akan pernah bisa menjadi sebuah
kesimpulan jika tidak dilakukan analisis dan interpretasi data. Anda bisa mulai
dari editing, koding, tabulasi, analisa statistik, dan interpretasi data. Data
yang diolah inilah yang akan memberikan petunjuk pada kesimpulan yang akan Anda
ambil.
6. Menyusun Laporan Riset
Laporan riset pasar bisa berupa laporan hasil, kesimpulan, serta
rekomendasi penelitian yang diberikan kepada pihak manajemen. Kemudian pihak
manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan hasil dari interpretasi data
sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi standar penelitian oleh para
eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset pemasaran.
9. Jelaskan 7
karakteristik dari riset pemasaran yang baik
Answer:
1. Metode ilmiah, riset pemasaran yang efektif menggunakan
prinsip metode ilmiah yang dimulai dengan pengamatan, perumusan hipotesis,
prediksi, dan pengujian serta penganalisaan.
2. Kreativitas riset, sebaiknya riset pemasaran mengembangkan
cara-cara inovatif untuk dapat menyelesaikan sebuah masalah. Sehingga dari
berbagai inovasi tersebut akan didapat berbagai alternatif pilihan untuk
pengambilan keputusan.
3. Metode beragam, peneliti yang baik akan berusaha untuk tidak
terlalu bergantung pada satu metode saja dan lebih suka menyesuaikan metode
dengan masalahnya daripada yang sebaliknya.
4. Interdepedensi dari model dan data, peneliti yang baik
menyadari bahwa data diinterpretasikan melalui model yang melandasinya.
Model-model ini memberikan pedoman atas jenis informasi yang dicari dan harus
dinyatakan sejelas mungkin.
5. Nilai dan biaya dari informasi, peneliti yang baik akan
menunjukkan perhatian pada estimasi nilai informasi dan biayanya. Pertimbangan
nilai/biaya membantu bagian riset dalam menentukan proyek riset mana yang akan
dijalankan dan rancangan riset mana yang akan digunakan.
6. Skeptisme yang sehat, peneliti pemasaran yang baik akan
menunjukkan sikap skeptisme yang sehat terhadap asumsi-asumsi yang dikatakan
manager pemasaran mengenai bagaimana pasar bekerja.
7. Pemasaran yang etis, peneliti pemasaran yang baik harus dapat
memberikan keuntungan yang baik terhadap perusahaan yang mensponsorinya dan
pelanggan yang menjadi tujuan objek penelitian.
10. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan nilai yang dipersepsikan pelanggan?
Answer:
Nilai yang dipersepsikan pelanggan (CPV-customer perceived
value) adalah selisih antara penilaian pelanggan prospektif atas semuan manfaat
dan biaya dari suatu penawaran terhadap alternatifnya, atau memberikan pengaruh
pada kepuasan
konsumen
11. Jelaskan bagaimana
produsen Tupperware memberikan nilai seumur hidup bagi pelanggannya?
Answer:
12. Uraikan pemahaman saudara tentang pentingnya dilakukan segmentasi dalam pemasaran.
Answer:
Alasan suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar yaitu demi
meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah di rencanakan, dan juga
agar lebih terarah serta sumber daya pada perusahaan juga bisa dipakai secara
efisien dan efektif.
Segmentasi Pasar dapat memberikan keuntungan baik bagi pelaku
bisnisnya maupun konsumennya,misalnya seperti: Dapat memberikan kebutuhan serta
keinginan konsumen dengan lebih baik, pendapatan meningkat, Menciptakan peluang
kerja untuk tumbuh
1. Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan
pembeli tidak dapat memengaruhi harga sehingga harga di pasar benar-benar
merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.
2. Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri
yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu
mengendalikan harga produknya. Meskipun demikian persaingan tidak sempurna
tidak mengatakan secara langsung bahwa suatu perusahaan mempunyai pengawasan
mutlak terhadap harga produknya
3.Pasar monopoli adalah suatu bentuk atau jenis pasar yang hanya
terdapat satu kekuatan atau satu penjual atau satu perusahaan yang menguasai
seluruh penawarannya. Pada pasar ini tidak ada pihak lain yang dapat
menyainginya, sehingga menjadi pure monopoly atau monopoli murni.
4.Pasar oligopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan
tidak sempurna, dimana hanya terdapat beberapa produsen atau penjual dengan
banyak pembeli di pasar. Beberapa contoh industri yang termasuk dalam kategori
ini adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan dan
lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar