Just another free Blogger theme

Jumat, 14 Oktober 2022

 

Soal Quiz Manajemen Pemasaran - Menganalisis Pasar Business

Week 9, - 2020

1. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen

2. Siapa saja pihak yang terlibat dalam proses pembelian Bisnis ke Bisnis (b2b)?

3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dalam pasar bisnis

4. Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis?

5. Jelaskan bagaimana pembeli institusional dan badan pemerintah melakukan pembelian mereka?

 

Answer:

1. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen

Answer:

Jika dilihat dari Pengertian nya, Pasar bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain untuk mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang kemudian dijual, disewakan, atau dipasok ke organisasi lain. Sedangkan Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Kelompok ini pada umumnya terdiri dari pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis). Jika dilihat dari Segmentasi Pasar, Pasar Bisnis membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek. Sedangkan Pasar Konsumen membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda. Elemen lain yang juga menjadi pembeda antara pasar bisnis dan pasar konsumen adalah karakteristik pemasaran. Seperti jika dilihat dari Perspektif Pasar, seperti Pasar Bisnis sudah menjangkau Global sedangkan Pasar Konsumen masih menjangkau Region (Nasional) atau Wilayah tertentu. Dan Jika dilihat dari Pemberian Merk pada Pasar Bisnis mengunakan sistem penamaan Corparate Family atau pemberian penamaan yang melibatkan beberapa Perusahaan Induk yang digabungkan menjadi satu kelompok penaman yang memiliki secara langsung atau tidak langsung kepemilikan 100%, Seperti contohnya perusahan Unilever yang memiliki beberapa Perusahan Induk berbeda setiap produknya seperti. Sedangkan Perusahaan Konsumen mengunakan sistem pemberian Merk Individual Product. Dan Jika dilihat Interaksi Penjual-Pembeli, Pasar Bisnis mengunakan sistem kemitraan atau patnership, kemitraan adalah suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih untuk bekerja sama dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan. sedangkan Pasar Konsumen menggunaka sistem Transaksional yaitu memfokuskan perhatiannya pada transaksi interpersonal antara pemimpin dengan anggota yang melibatkan hubungan pertukaran. Promosi, pada Penekanan Promosi Pasar Bisnis mengunakan sistem Personal selling yaitu komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba membelinya. seperti contohnya Pameran Dagang. sedangkan Pasar Konsumen mengunakan sistem Promosi.

2. Siapa saja pihak yang terlibat dalam proses pembelian Bisnis ke Bisnis (b2b)?

Answer:

1. User Anggota organisasi - pemakai produk. 2. Influencer yang berada pada pusat pembelian, menentukan keputusan, membantu membuat batasan spesifikasi dan juga menyiapkan informasi mengevaluasi alternatif. 3. Buyers. yang melakukan pembelian aktual 4. Deciders. Orang dalam pusat pembelian yang mempunyai posisi formal memilih atau menyetujui pemasok final. 5. Gatekeepers. Orang dalam pusat pembelian yang mengendalikan aliran informasi kepada yang lain.

3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dalam pasar bisnis

Answer:

Faktor-Faktor Utama Yang Mempengaruhi keputusan Pembelian dalam pasar Bisnis : 1.Faktor-faktor lingkungan (perkembangan ekonomi,kodisi persediaan,perubahan teknologi,perkembangan politik dan peraturan, perkembangan persaingan,budaya dan adat) 2. Faktor-faktor organisasi (tujuan,kebijakan,prosedur,struktur organisasi,sistem) 3. Faktor-faktor antarpribadi (kewenangan,status,empati,kemauan persuasif) 4.Faktor individual (usia, pendapatan,pendidikan.posisi pekerjaan,kepribadian,sikap resiko)

4. Jelaskan bagaimana perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis?

Answer:

1.Menjadi diri sendiri. Banyak orang yang menebar pesona hanya untuk dihormati pelanggan-pelanggannya, padahal cara tersebut tidak akan pernah bisa menarik perhatian pelanggan. Sekali pun berhasil, suatu saat pelanggan akan tahu bagaimana Anda sebenarnya. 2.sebagaimana orang-orang yang dekat dengan Anda. Seorang pelanggan tidak hanya membutuhkan produk Anda saja, mereka memiliki tujuan lain dibalik pembelian yang mereka lakukan. Pelanggan tidak hanya ingin Anda dekati ketika Anda butuh, tetapi mereka juga butuh layanan after sales dari Anda. Dengan memposisikan diri sebagaimana seorang pelanggan, tentu Anda akan mampu memberikan yang terbaik untuk pelanggan Anda. 3.Memposisikan diri dengan tujuan yang sama.Tidak ada pelanggan yang akan bertahan untuk terus menggunakan produk/layanan dari Anda apabila tidak ada rasa hormat. Saling menghormati akan meningkatkan kepercayaan. Sedangkan kepercayaan akan membawa pada loyalitas 4.Mengembangkan nilai saling menghormati. 5.Berbagi masalah dan solusi bisnis. 6.Yakinkan bahwa Anda akan selalu membantu.

5. Jelaskan bagaimana pembeli institusional dan badan pemerintah melakukan pembelian mereka?

Answer:

Cara Pembelian pemerintah : 1.Pembelian yang dilakukan oleh Pemerintah, baik Pusat dan Daerah mempunyai ciri yang berbeda dibanding dengan lembaga. 2.Pembelian Pemerintah diatur dengan ketentuan Kepres No. 80 Tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. 4.Adanya keharusan menyelenggarakan lelang atas penyediaan barang dan jasa, walau ada berbagai kebijakan yang menyangkut pengecualian apabila dipenuhi kondisi tertentu. 5.Lelang dilaksanakan oleh panitia di setiap lembaga ataupun divisi pengguna anggaran pemerintah.

cara pembeli institusional : 1.Masing-masing lembaga ini mempunyai sponsor dan sasaran yang berbeda, dan umumnya bertujuan tidak untuk laba karena anggaran mereka rendah. 2.Biasanya perusahaan mempunyai divisi yang berbeda untuk melayani pembelian lembaga

 

 


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar